Rabu, 23 Februari 2011

Ciptakan Suasana Dapur yang Nyaman

Bagi ibu rumah tangga atau wanita single yang memiliki hobi memasak, dapur tidak ubahnya “laboratorium” untuk menciptakan berbagai resep makanan dan minuman yang mampu menggugah selera setiap orang.

Maka dari itu, kebersihan dan kenyaman dapur pun harus terjaga, agar sang koki bisa meramu resep masakannya dengan lebih nyaman. Terlebih dalam mengatur peletakkan alat-alat masak dan juga bumbu-bumbu masakan, sehingga saat dibutuhkan, Anda bisa dengan mudah menemukan dan mengambilnya.

Kalau dapur Anda dirasa masih belum membuat Anda nyaman, dan sering binggung mencari perabotan dapur yang sedang dibutuhkan, ada baiknya untuk meluangkan waktu membenahi dapur Anda.

Tata ulang
Meletakkan sendok dan garpu bersama spatula dan sendok sayur/nasi dalam satu wadah memang terlihat praktis, namun sekaligus terlihat sumpek dan juga beresiko mengalami kerusakan, karena alat-alat yang terbuat dari alumunium tersebut akan saling bergesekan, sehingga tak jarang akan menimbulkan karat.

Untuk itu, pisahkanlah penempatan masing-masing item sesuai kegunaannya. Tempatkan dalam laci atau wadah-wadah tertutup agar kotoran atau debu tidak menempel.

Sedangkan untuk peralatan masak yang sering digunakan, bisa digantung pada railing penggantung dekat kompor, agar Anda lebih mudah menjangkaunya.

Barang tajam di simpan terpisah
Khusus peralatan dapur yang berbahaya seperti pisau dan gunting, tempatkanlah didalam laci atau lemari dapur. Pastikan anak-anak sulit menjangkaunya, karena kalau si kecil mudah menemukannya, dikhawatirkan bisa melukainya.

Tempat bumbu simpan sesuai jenisnya
Agar bumbu-bumbu di dapur tidak berantakan, simpanlah dalam satu wadah atau stoples. Dan supaya tidak tertukar dengan bumbu lainnya, Anda bisa memberikan nama diatas tutup wadahnya. Khusus untuk bumbu-bumbu yang sering Anda pakai untuk masakan, tempatkan dalam satu rak kecil untuk memudahkan Anda saat membutuhkannya.

Peralatan makan dan masak simpan terpisah
Ada baiknya menyimpan peralatan makanan seperti piring, gelas dan mangkuk dalam tempat berbeda. Begitu pun dengan panci dan penggorengan. Hal itu untuk memudahkan saat Anda mencarinya.

Rak pengering
Setelah mencuci piring, jangan biasakan langsung meletakkan piring, gelas, sendok dan garpu, atau peralatan masak ke tempatnya. Keringkan terlebih dahulu, dengan menaruhnya di rak pengering yang ditempatkan di samping tempat cuci piring. Setelah airnya tiris, baru keringkan dengan lap kering atau tissu, baru kemudian di simpan dalam rak atau tempatnya masing-masing.

Hiasan
Agar dapur Anda nampak lebih cantik, meletakkan hiasan seperti tempelan kulkas, vas bunga dan hiasan – yang tidak mudah kotor – lainnya di dapur akan memberikan kesan tersendiri untuk Anda.

Related Topics :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar