Rabu, 23 Februari 2011

Macam-macam peralatan Dapur

A. Alat Untuk Memasak Bagian Bawah

1. Tungku
Tungku adalah alat yang dipergunakan untuk memasak dengan bahan bakar kayu bakar.

2. Anglo
Anglo adalah alam memasak yang dijalankan dengan bahan bakar arang terbuat dari besi atau tanah liat. Anglo adalah alat pemasak yang termasuk tradisional dan masih banyak dipakai di daerah pedalaman dan daerah miskin. Tungku pada umumnya terbuat dari bahan tanah liat atau batu bata.

3. Kompor Minyak Tanah
Kompor untuk memasak makanan dengan menggunakan bahan bakar minyak tanah. Kompor minyak tanah tergabung dari banyak komponen seperti tali sumbu, tempat minyak, cerobong api, tempat panci dan lain-lain.

4. Kompor Gas
Kompor gas digunakan dengan bahan bakar gas alam atau liquid petroleum gas alias lpg. BBG banyak disukai karena emisi buangan yang bersih dan hasil pembakaran yang baik.

5. Kompor Listrik
Kompor ini menggunakan energi listrik yang kemudian diubah menjadi energi panas dalam bentuk api.

6. Kompor Briket Batubara
Kompor briket menggunakan potongan-potongan batubara sebagai bahan bakarnya. Sekali dinyalakan kompor briket tidak dapat dimatikan, sehingga perlu diperhitungkan jumlah briket yang dipakai sebelum memasak agar tidak terjadi pemborosan yang tidak perlu.

7. Oven atau Microwave
Oven dan Microwave sama-sama memanaskan suatu ruangan yang sebelumnya telah diisi makanan yang hendak dimasak. Oven bisa berbahan bakar gas, minyak tanah, briket dan lain sebagainya. Microwave biasanya menggunakan energi listrik yang diubah menjadi gelombang microwave yang sangat panas.

B. Alat Untuk Mamasak Bagian Atas

1. Dandang
Dandang adalah alat untuk memasak nasi yang terbuat dari tembaga yang bentuknya seperti topi tukang sulap terbalik.

2. Langseng
Langseng adalah alat untuk memasak yang memiliki dua bagian terpisah yang kemudian digabung saat memasak, di mana yang bawah berisi air, yang atas berisi makanan yang mau dimasak.

3. Cerek atau Ceret
Cerek adalah alat untuk memasak air yang ketika mendidih akan mengeluarkan uap pada ujung moncongnya dan mengeluarkan bunyi bersiul.

4. Wajan atau Penggorengan
Wajan bisa dibuat dari besi alumunium maupun stainless steel yang berfungsi untuk menggoreng atau menumis masakan.

5. Panci
Panci adalah alat masak-memasak untuk merebus atau memasak makanan yang mengandung air yang bisa terbuat dari besi alumunium maupun stainless steel.

6.Presto Cooker
Presto cooker berfungsi untuk melunakkan dan mengempukkan makanan yang keras dengan tekanan tinggi. presto cooker biasanya berguna untuk melunakkan duri ikan, tulang ayam, dan lain sebagainya.

C. Alat Dapur untuk Memasak atau Alat Dapur Lainnya

1. Tampah
Tampah adalah alat yang terbuat dari anyaman bambu untuk menampih beras untuk dimasak menjadi nasi

2. Centong
Centong adalah alat untuk mengambil nasi yang terbuat dari kayu. Centong kinu juga ditemui dalam bahan plastik, besi alumunium, dan lain sebagainya

3. Talenan
Talenan adalah alat sebagai alas bahan makanan yang mau diiris.

4. Parutan / Parut
Parutan adalah berfungsi untuk memarut bahan makanan seperti kelapa, singkong, kentang, wortel, jahe, dan lain sebagainya.

5. Cobek / Ulekan / Ulek-Ulek
Cobek adalah alat untuk mengulek makanan menjadi halus. Biasanya digunakan untuk menghaluskan bumbu yang akan dimasak.

6. Irus
Irus adalah alat untuk mengaduk sayur atau masakan berair yang terbuat dari tempurung kelapa, besi alumunium, dan lain-lain

7. Blender
Blender berasal dari kata blend adalah alat untuk menghaluskan serta mencampur makanan basah. Blender biasanya dipakai untuk membuat jus / juice buah-buahan dan sayur-sayuran.

8. Mixer
Mixer adalah alat untuk mengaduk adonan makanan.

9. Toaster
Toaster adalah alat untuk memanggang roti yang menggunakan bahan bakar listrik.

10. Rice Cooker
Adalah alat untuk memasak nasi secara otomatis dengan energi listrik.

Related Topics :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar